Fenomena Alam

November 26, 2010 at 3:31 am (Uncategorized)

1. The Maelstrom (Pusaran Air)

Bila Anda mendengar nama seperti pusaran, Anda hanya tahu tentang sesuatu yang jahat. Diperkenalkan dalam bahasa Inggris oleh Edgar Allan Poe dari bahasa Nordik, dari yang berasal dari kata Belanda pusaran (maalstroom dalam ejaan modern), secara harfiah berarti menghancurkan saat ini, yang cukup deskripsi yang sangat baik.
Maelstom pada dasarnya adalah pusaran yang sangat besar dan kuat, sebuah pusaran air bebas, sebuah pusaran air bebas dengan downdraft yang cukup. Badai aslinya adalah Moskstraumen, yang disebabkan oleh arus yang sangat kuat. Baik Poe maupun Jules Verne menggambarkan sebagai pusaran raksasa yang mengarah ke dasar laut dimana itu sebenarnya sebuah perempatan arus bawah laut. Dan mereka sedikit tertutup, tapi tetap saja, ini cukup untuk menangkap pandangan.
2. Fire Rainbow
Istilah “pelangi kebakaran” benar-benar menyesatkan; istilah yang benar adalah busur circumhorizon. Ini pada dasarnya merupakan halo terbentuk oleh kristal es yang terletak sangat tinggi, di awan cirrus. Flamboyan raksasa yang menampilkan warna warna indah ini tidak benar-benar langka seperti yang Anda bayangkan, dan beberapa sering muncul tergantung pada lokasi, dan terutama lintang. Sebagai contoh, di Amerika Serikat dapat dilihat beberapa kali pada musim panas di setiap tahun di tempat yang sama, tetapi di Pusat atau Eropa Utara itu sangat langka.
3. Waters Pouts
Waterspouts tampaknya diambil dari seri Captain Planet. Kau tahu, bumi, angin, api, semua itu? Nah, di sini semuanya tentang angin dan air sebenarnya, karena puting beliung adalah sebenarnya merupakan pusaran kolumnar benar-benar intens yang berlangsung lebih dari satu massa air dan terhubung ke awan cumuliform.
Sering kali, mereka lebih lemah daripada tornado tanah, tapi ada pula yang sangat besar dan membawa air ke atas dengan kecepatan dan kekuatan yang sangat besar.
Mereka sebenarnya dapat tornadic atau non-tornadic. Yang non-tornadic adalah cara lebih umum dan kurang berbahaya dengan angin yang lebih lambat dari 70 mph (30 m / s). waterspouts Tornadic sama pada inti mereka untuk tornado, tetapi mereka menambahkan massa air yang besar untuk menunjukkan, membuat pemandangan yang sulit dilupakan.
“Sepupu” jauh dari waterspout adalah snowspout (atau icespout). Mereka pada dasarnya bentuk yang sangat langka waterspouts yang membentuk di dasar badai salju. Hanya ada enam gambar yang diambil dari peristiwa seperti itu, sehingga tidak banyak yang dapat diberikan di sini.
4. The Honduran Rain of Fish
Oh, bagus yang satu ini. Kita semua mungkin pernah mendengar tentang hal ini dalam satu bentuk lain, tetapi kebanyakan hanya kapur itu sampai dengan cerita rakyat. Nah, ini tidak terjadi! Departemen Yoro adalah tuan rumah salah satu fenomena yang paling aneh dan menakjubkan yang pernah terjadi: hujan ikan, yang berlangsung setiap tahun selama lebih dari satu abad sekarang.
Setiap tahun, antara bulan Mei dan Juli sebuah awan gelap muncul di langit, diikuti oleh badai besar-besaran, banyak hujan, seluruh sembilan meter. Semuanya berlangsung 2-3 jam, pada akhir yang orang pergi di jalan tempat mereka menemukan ratusan ikan hidup di tanah, ya, mereka makan itu.
Tidak ada kesimpulan yang jelas, tetapi sebuah teori yang diterima kadang-kadang adalah bahwa angin yang kencang dan waterspouts membawa ikan dari 200 km. Namun, sejumlah besar ilmuwan mengklaim mereka bukan ikan air laut, tapi ikan air tawar yang berenang dari sungai terdekat untuk arus bawah air, dan beberapa ikan menyimpang dari arus dan muncul di tanah. Tapi inilah bagian yang baik: National Geographic mengirimkan tim untuk menyelidiki ini, dan mereka menemukan bahwa ikan tidak ditemukan dalam tubuh sekitar air, dan juga mereka semua buta, sehingga mereka datang dengan teori mereka sendiri: mereka hidup di sungai bawah tanah, karena mereka buta. Lagi pula, jika Anda pernah mengunjungi Honduras di musim panas, ini adalah sesuatu yang benar-benar akan Anda lihat.
5. Moonbows
Kita semua (mungkin) melihat pelangi, pada siang hari. Tapi berapa banyak dari kita telah melihat pelangi di malam hari? Ya, ini benar-benar dapat terjadi, karena cahaya yang dihasilkan oleh bulan (sehingga moonbow, atau bulan atau pelangi pelangi putih). Tentu saja cahaya yang dipancarkan oleh bulan lebih redup daripada yang dari matahari, sehingga hasilnya pelangi terbentuk; sebagian besar waktu itu, bahkan sulit bagi mata manusia untuk memisahkan warna di sana.
Kesempatan terbesar yang Anda miliki untuk melihat moonbow adalah saat bulan penuh (atau dekat penuh), ketika itu adalah terang, tetapi ada kondisi lain yang dibutuhkan. Langit harus sangat gelap (mendekati hitam), dan, tentu saja, harus ada hujan lebat berlawanan dengan bulan.
6. Penitentes
Es duri tajam ini hanya dapat ditemukan pada ketinggian tinggi. Es (atau salju) formasi yang berbentuk pisau atau paku yang bervariasi dari beberapa sentimeter sampai 2 meter (atau bahkan lebih) telah memesona para peneliti sejak masa Darwin, karena ia adalah orang pertama yang pernah menggambarkan hal ini.
Dia harus memeras menerobos seperti lapangan dan adalah yang pertama melihat mereka umumnya mengikuti arah matahari? Tapi bagaimana mereka dibentuk? Mekanisme ‘kelahiran mereka’ agak sedikit rumit, dan hal itu bergantung pada ablasi diferensial. Pada dasarnya, untuk penitentes untuk membentuk, titik embun harus di bawah titik beku. Akibatnya, salju akan menghaluskan, yang membutuhkan energi lebih dari mencair. Geometri dari permukaan menyediakan mekanisme umpan balik positif bagi radiasi, yang terjebak oleh beberapa refleksi, membuat cekungan. Cekungan ini, dikombinasikan dengan angin yang meningkatkan suhu titik embun menyediakan kondisi yang tepat untuk sublimasi untuk menciptakan dinding curam dan puncak.
7. Supercells
Sel Super yang berputar arus naik dalam badai petir; mereka besar, dan menakutkan.
Sel super biasanya menghasilkan jumlah besar hujan es, hujan lebat, angin kencang, dan downbursts besar dan mereka sering pembawa hujan es raksasa. Para ilmuwan telah memberikan cukup keterangan sel super, karena, seperti Anda bisa menduga dari gambar, mereka benar-benar berbahaya.
8. Ice Circles
Lingkaran es mempunyai cukup banyak apa yang kita harapkan darinya.
Namun, mereka sangat jarang, muncul hanya di perairan yang bergerak lambat dari iklim dingin seperti Eropa atau Amerika Utara, tetapi beberapa juga telah melihat di Britania, termasuk yang berukuran besar lebih dari 3 meter. Ada dua jenis lingkaran es. Berikut adalah kondisi yang diperlukan umum untuk jenis pertama untuk membentuk.
Tidak ada hujan dan suhu di bawah 0 Celcius selama beberapa hari di dekat sungai tikungan lambat. Jadi, air menciptakan kekuatan yang disebut ‘geser rotasi’ dan mematahkan sepotong es, memutar di sekitar dan menggilas es sekitarnya, mengubahnya menjadi lingkaran yang sempurna.Tipe kedua adalah mungkin bahkan lebih spektakuler. Juga disebut panci es, formasi ini pada dasarnya permukaan lempengan es yang terbentuk di tengah sungai, dan tidak miring. Mereka menjelaskan dengan perubahan suhu mendadak. Ketika air mendingin, panas menjauh yang menciptakan es frazil (jarum es berorientasi secara acak berkeliaran di air tersebut). Partikel-partikel es bisa saja berbentuk panci es, dan jika danau telah cukup es frazil dan arus cukup lambat, panci es dapat mencapai ukuran yang membingungkan orang dan bahkan menjadi bendungan tergantung.

original Post : http://kask.us/3770071

http://kaskusnews.us/2010/04/04/updatefenomena-alam-mengagumkan-yang-tidak-anda-ketahui/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: